Cara membedakan antara jantan dan betina ikan arwana merah

Selisih antara ikan arwana jantan dan betina di dalam kolam budidaya ikan arwana merah merupakan salah satu faktor kesuksesan dalam mengembangkan budi daya arwana merah,perbandingan ideal dalam satu kolam arwana antara ikan jantan dan ikan betina adalah 1 : 3 artinya satu ikan jantan dan 3 ikan arwana betina.Banyaknya ikan jantan dari ikan betina di sebuah kolam ikan arwana  berdampak kurang baik
Berikut beberapa cara membedakan antara ikan jantan dan ikan betina pada arwana merah

Langkah pertama cara membedakan ikan arwana jantan dan betina adalah dengan mengamati morfologi ikan arwana, mulai dari bentuk tubuh, kepala, sirip punggung.
Membedakan antara jantan dan betina dengan bentuk tubuh
Bentuk tubuh ikan arwana jantan agak memanjang,sedangkan bentuk tubuh ikan arwana betina pendek,bundar dan melebar.
Selain itu dapat pula di bedakan dengan mengenali bentuk kepala ikan arwana di lihat dari atas 
Kepala ikan arwana jantan memiliki bentuk lebih runcing sedang sang arwana betina agak bulat
Sirip punggung ikan arwana juga dapat membedakan mana jantan dan mana betina,Ikan arwana jantan bentuk sirip punggungnya memanjang dan sedikit runcing sedang yang betina bentuk sirip punggungnya lebar.

Cara kedua membedakan antara jantan dan betina pada ikan arwana dengan melihat penutup insangnya atau membandingkan lebar penutup insang(operculum) perhatikan gambar berikut ini

Operculum pada ikan arwana terlihat mirip dengan huruf 'A'. Seperti pada gambar di atas yang yang huruf 'A' nya lebar itu menandakan ikan arwana betina sedanglan yang huruf 'A' sedikit menciut itu tandanya ikan arwana jantan.

Cara ketiga Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina Dengan cara Memperhatikan Rahangnya.
Ikan arwana merupakan ikan yang uniq salahsatunya adalah pada proses penetasan dan pengeraman telur di lakukan oleh sang ikan jantan,tugas ikan betina hanya bertelur dan menjaga sang jantan ketika mengerami telurnya,telur yang di hasilkan oleh sang betina akan di ambil dan di masukan ke mulutnya oleh sang ikan jantan untuk di buahi dan di erami oleh sang jantan.proses sampai menetas (anak ikan sudah dapat berenang) memakan waktu +_ 60 hari.Selama proses ter sebut sang jantan tidak makan  luar biasa bukan.dari keterangan diatas cara membedakan ikan arwana jantan dengan betina juga bisa dilihat dengan besar kecilnya rahang. Bentuk rahang ikan arwana jantan lebih dalam serta luas, sedangkan betina lebih sempit.

Cara keempat Membedakan Ikan Arwana Jantan Dengan Betina Dengan Gerakan Ketika Berenang
Gerakan Ikan arwana jantan saat berenang terlihat indah gemulai dan juga anggun , ini di sebabkan karena postur tubuhnya yang langsing dan panjang. Sedangkan ikan arwana betina akan nampak kaku karena bentuk tubuhnya yang pendek dan juga gemuk.
Akan tetapi untuk melihat perbedaan ikan arwana jantan dan betina dengan cara ini, ikan arwana haruslah yang sudah berumur lebih dari lima tahun . Karena ikan arwana yang kurang dari lima tahun itu adalah masa pertumbuhan.

Cara cara di atas keakuratanya belum bisa 100%, akan tetapi setidaknya semua ciri ciri yang disebutkan mengidentifikasikan perbedaan ikan arwana jantan dan betina.

Adapuan cara yang paling akurat untuk membedakan ikan arwana jantan dan betina adalah dengan melihat organ reproduksi ikan arwana.
Jika di lakukan pengurutuan dari bagian perut ke arah kloaka akan mengeluarkan cairan berwarna kecoklatan itu berarti ikan arwana jantan. Akan tetapi jika tidak mengeluarkan cairan berwarna kecoklatan berarati ikan arwana tersebut adalah betina.
Metode ini mengandung resiko terhadap ikan arwana, karena harus mengangkatnya dari air, dan bisa saja mengakibatkan hal hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya arwana mati. Makanya metode ini harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli.

0 Response to "Cara membedakan antara jantan dan betina ikan arwana merah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel