Ciri ikan arwana jantan mengerami telur

Air kolam budidaya ikan arwana merah yang bersih dan kondisi dasar kolam yang steril,serta pakan yang teratur  akan mempercepat ikan arwana betina bertelur.Dalam waktu beberapa bulan saja ikan arwana betina yang sudah bertelur tadi akan segera mengeluarkan telurnya secara bertahap untuk di buahi dan di erami oleh pasangannya atau oleh sang jantan lain yang ada di dalam kolam tersebut.

Pada proses inilah sangat harus di perhatikan kondisi air kolam dan dasar kolam.Ikan arwana betina dengan nalurinya akan memilih tempat yang bersih dan steril untuk mengeluarkan telurnya ,supaya telur tersebut dalam kondisi baik ,sehingga ketika di erami oleh sang arwana jantan telur tersebut tidak busuk di dalam mulut arwana jantan dan dapat menetas dengan sempurna.

Pada awal pengeraman telur oleh arwana jantan merupakan kondisi yang sangat rentan,oleh karena itu kondisi air kolam haruslah tetap stabil,perubahan yang drastis pada air kolam dapat menyebabkan telur yang sudah di berada di mulut arwana jantan di buang (tidak jadi di erami).
Postingan kali ini membahas bagaimana ciri ikan arwana jantan sedang mengerami telur.

1.ikan arwana jantan yang sedang mengerami telur dapat di lihat dari bentuk sekitar kepalanya berbeda dari biasanya terutama bagian mulut terlihat membesar di sebabkan telur yang berada dalam mulutnya.

2.Gerak gerik ikan tersebut seperti takut untuk bergerak,cenderung  sering mengapung pada saat terkena sinar matahari dengan mulut Sesekali menyembul mengeluarkan oksigen atau mengambil oksigen.
3.ikan arwana jantan yang sedang mengerami telur selalu memisahkan diri dari kawanan,bersembunyi mencari tempat aman jauh dari gangguan ikan arwana yang lain.

4.Pada awal pengeraman telur oleh arwana jantan,tampak arwana betina pemilik telur tersebut akan selalu menjaga sang jantan dari gangguan ikan lain.Pengawalan ketat dari sang betina biasanya di lakukan dalam beberapa hari dan ada juga sampai telur tersebut menetas.

Itulah beberapa ciri ikan arwana jantan sedang mengerami telur dan dapat di lihat secara kasat mata di samping ciri yang lain yang belum dapat kami muat pada postingan ini.

Untuk melihat prilaku ikan arwana jantan yang sedang mengerami telur, bisa di lakukan di malam atau siang hari.hati hati saat pengeraman telur,ikan ini sangat sensitif terhadap suara suara keras dekat areal kolam,hindari suara yang dapat membuat ikan tersebut terkejut.Suara yang keras berlebihan dapat membuat ikan jantan membuang telur di mulutnya secara spontan.Semiga tulisan ini bermanfaat.

0 Response to "Ciri ikan arwana jantan mengerami telur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel