Cara Membuat Pakan Walet sederhana dan terbukti

Salah satu cara agar populasi walet di rumah walet  kita berkembang dengan cepat adalah dengan cara menyediakan pakan bagi burung walet pada rumah walet tersebut, dengan cara menghadirkan serangga terbang yang menjadi makanan walet dan anak walet.Postingan kali ini akan membahas cara menghadirkan serangga terbang sebagai pakan burung walet di rumah walet kita

Diantara serangga yang menjadi makanan kesukaan walet adalah serangga terbang yaitu drosophila atau lebih di kenal dengan lalat cuka drosophila melanogaster dari keluarga Drosophilidae dan true fruit fly dari famili Tephritidae. 

Lalat cuka bukan merupakan  hama karena hanya memakan buah yang hampir busuk atau buah terluka. la tak bisa menyerang buah segar yang masih bergantung di pohon, Drosophila menyantap cendawan atau ragi pengurai buah-buahan sehingga disebut juga lalat cuka Oleh karena itu Drosophila melanogaster merupakan  makanan tambahan bagi walet dan aman bagi lahan pertanian di sekitar. 

Selain itu Drosophila serangga yang ber daur hidup pendek, dan memiliki kromosom yang mudah diamati. Bagi peternak walet daur hidup pendek-kurang dari 2 pekan sejak dari telur hingga akhir hidupnya-membuat produksi serangga terus-menerus dengan jumlah ribuan. Satu imago atau serangga dewasa betina drosophila mulai bertelur pada hari ke-2. Itu setara umur 8 hari sejak telur (lihat ilustrasi). Lalu selama 7-10 hari masa hidupnya, ia menghasilkan 400-500 telur. Kelebihan lain,  drosophila yang ditumbuhkan pada media tepung, ragi, dan ekstrak buah-buahan pun tidak menimbulkan aroma busuk sehingga rumah walet terhindar dari bau. Drosophila juga disukai piyik ketimbang serangga lain karena bertubuh lunak.

Untuk menghadirkan Drosophila tersebut di atas pada rumah walet silakan anda ikuti langkah langkah berikut ini

Gunakan baskom berkapasitas besar yang menyisakan minimal sebagian ruang kosong dari adonan. 
Buat adonan dengan menuangkan 3 liter air panas pada 600 g campuran tepung, ragi, dan ekstrak buah-buahan yang sudah diperkaya biang drosophila. Aduk hingga merata. 
Letakkan baskom pada tatakan yang diisi air untuk menghindari semut Masukkan baskom ke dalam rumah walet dan letakkan di tempat bersarang. Tutup baskom dengan anyaman kawat 1 cm x 1 cm untuk mencegah cecak masuk. 
Tambahkan adonan setiap 1 bulan sekali sehingga perkembangan drosophila semakin banyak.
Lihat hasilnya beberapa hari kemudian akan terlihat serangga (lalat cuka) pada media yang kita buat tersebut dan akan bertambah banyak jumlahnya dari hari ke hari.

0 Response to "Cara Membuat Pakan Walet sederhana dan terbukti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel