Putar telur anak ikan arwana

Ikan arwana jantan biasanya mengerami telur selama  hampir 60 hari sampai telur benar benar menjadi anak ikan dan dapat berenang,setelah telur yang di erami dimulutnya berumur seperti di atas sang ikan jantan akan mengeluarkan anak ikan tersebut di tempat yang menurutnya aman.

Lamanya proses pengeraman telur tersebut membuat banyak peternak ikan arwana merah  mengunakan sistem putar telur  untuk menetaskan telur ikan arwana merah tersebut.Telur di ambil dari mulut arwana jantan setelah umur telur minimal 8 hari di dalam mulut sang jantan.Proses putar telur ini  lebih efaktif dan hasilnya pun baik sama dengan proses pengeraman alami oleh sang jantan.

Beberapa alasan kenapa banyak petani budidaya arwana merah menggunakan sistem putar telur untuk penetasan anak ikan arwana merah 

1.lamanya pengeraman telur oleh sang jantan sangatlah rentan terhadap perubahan cuaca terutama kondisi air kolam apalagi saat musim hujan tiba.

2.saat mengerami telur sang arwana jantan sangat sensitif terhadap suara dan sangat mudah terkejut,sehingga beresiko telur yang di erami keluar dari mulutnya

3.sistem putar telur dapat menghasilkan anak ikan yang banyak,sedang proses alami oleh sang arwana jantan makin lama proses pengeramannya makin berkurang jumlah telur yang berada dalam mulutnya.
Jadi kesimpulannya lebih mudah menjaga telur di dalam akuarium dari pada menjaga telur yang masih berada di mulut ikan arwana jantan.

Berikut cara menetaskan telur ikan arwana merah
dengan cara putar telur.

1.Syarat telur ikan arwana harus sudah di erami oleh sang arwana merah jantan minimal 8 hari berada di dalam mulut sang arwana  jantan. Paling  afdol setelah telur ikan arwana di erami selama 21 hari ke atas.telur ikan yang sudah berumur di atas 21 hari sudah berbentuk anak ikan sementara telur yang berumur 7 hari baru terlihat garis garis merah,sehingga di butuhkan keahlian dan ketekunan serta ketelitian extra.

2.Setelah telur di ambil dari mulu sang arwana jantan telur di masukan kedalam box khusus yang keberadaannya di dalam akuarium.ukuran yang banya di pakai biasanya box  dari kaca berbentuk kotak  berukuran 25x25x25cm  seperti gambar
3.Dibutuhkan suhu air kisaran 27-28°C  serta pergantian 50% air akuarium sering di lakukan.

Telur ikan yang sudah berumur 21 hari biasanya setelah 20 hari kemudian sang ikan sudah dapat berenang walaupun masih membawa telur.
Bagaimana cara membuat box khusus tempat penetasan serta detailnya cara tunggu postingan berikutnya.

0 Response to "Putar telur anak ikan arwana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel