Kunci Sukses Budidaya Ikan Arwana Merah

Ikan arwana merah merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki harga jual yang cukup tinggi.Pembudidayaan ikan ini memiliki prospek kedepan yang menjanjikan dan proses pembudidayaannya pun tidak lah memerlukan keahlian tersendiri.

Pada postingan kali ini Rumah walet ingin membagikan tips agar ikan arwana merah yang kita pelihara di dalam kolam  cepat berkembang(beranak pinak) .

1.pH Air kolam.
Hampir semua jenis budidaya ikan membutuhkan pH air yang sesuai, begitu pula pada kolam ikan arwana ,kestabilan ph air adalah kunci utama sebagai parameter budidaya arwana merah dikatakan baik atau sesuai. Pada budidaya arwana haruslah dijaga level ph air kolam di kisaran 6,9-7,9. ph air untuk kolam ikan arwana merah yang baik berada di level air netral. Air dalam kondisi netral berada di level ph 7, artinya jika kondisi air dibawah 7 diartikan asam sedangkan level ph diatas 7 dikatakan basa. Jamur dan bakteri akan berkembang biak pada kondisi asam. Pergantian 30% dari volume air kolam haruslah sering di lakukan  untuk menjaga kestabilan pH  air.Kondisi air kolam arwana merah yang memiliki pH yang baik akan membuat ikan arwana merah tampak sehat dan produktif.

2.Kebersihan Dasar kolam dan sekeliling kolam.
Banyaknya kotoran ikan dan sisa makanan  yang kemudian mengendap di dasar kolam membuat air pada posisi dasar kolam menjadi tidak baik dan cenderung berbau busuk,hal ini membuat  dapat menimbulkan penyakit bagi ikan arwana merah,oleh karena itu pembersihan dasar kolam harus di lakukan minimal 6 bulan sekali.Pembersihan dapat di lakukan tanpa harus memindahkan ikan yang ada di kolam itu cukup menggunakan mesin pompa sedot lumpur semua kotoran dan endapan tanah lainnya dapat terbuang habis.

3.Pemberian pakan
Sebaiknya pemberian pakan ikan arwana di kolam di lakukan terjadwal dan teratur,3 hari  sekali sampai kenyang.Selang seling jenis makanan yang kita berikan(katak,ikan kecil,dsb) akan membuat ikan bernafsu untuk makan,

4.pengunaan efektif mikrorganisme
Untuk mengurai kotoran ikan dan kotoran lainnya EM 4 terbukti mampu dan dapat meningkatkan kualitas air kolam.gunakan bahan ini sesuai dengan aturan yang tertera.

5.Selalu monitoring keadaan kolam dan tingkah laku ikan 
Layaknya naluri hewan lainnya semakin di perhatikan dapat membuat hewan tersebut jinak dan kenal siapa pemiliknya,hal serupa juga berlaku pada ikan arwana merah,semakin sering kita mengunjunginya ikan akan terlihat jinak dan mudah kita perhatikan keadaannya.Hal ini sangat di perlukan untuk memantau tingkah laku setiap ikan arwana baik sang jantan atau sang betina,agar kita dapat memperkirakan mana ikan yang akan bertelur atau sedang mengerami telur jika sudah tiba masanya.

Nah itulah tips agar sukses dalam membudidayakan ikan arwana merah di dalam kolam,penerapan tips tersebut sudah penulis lakukan dan terbukti berhasil dalam membudidayakan ikan arwana merah.Semoga bermanfaat

0 Response to "Kunci Sukses Budidaya Ikan Arwana Merah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel