Panen Ikan Arwana merah di Kolam

Di habitat aslinya ikan arwana merah memasuki masa kawin dan memijah pada awal musim hujan,Sebelum terjadi pemisahan ikan arwana merah memasuki tahap pengenalan lawan jenis.

Masa ini berlangsung selama beberapa minggu atau bulan sebelum mereka menjadi pasangan.Hali ini dapat kita amati prilaku ikan arwana yang kita di budidayakan di kolam pada sore hari,malam hingga subuh ketika ikan arwana berenang di permukaan kolam.

Arwana jantan terlihat mengejar arwana betina sekeliling kolam terkadang kedua ikan jantan dan betina membentuk lingkaran (kepala menghadap ke ekor pasangan).

Setelah melalui proses tersebut di atas artinya ikan arwana jantan sudah menemukan pasangannya beberapa minggu kemudian sebelum pemijahan(1-3mingggu),pasangan ikan akan tampak bersisian dengan tubuh saling menempel dan terjadilah pelepasan telur bewarna jinggga kemerahan,sang arwana jantan akan membuahi telur dan kemudian mengumpulkan telur di mulutnya.

Telur yang berdiameter 7-8mm yang kaya akan kuning telur akan menetas sekitar seminggu setelah pembuahan di dalam mulut sang arwana jantan.Setelah penetasan larva muda tersebut tetap di dalam mulut arwana jantan sampai larva dapat berenang dan bertahan sendiri,proses ini membutuhkan waktu sekitar 7-8 mingguan dan akan di lepas dari mulut sang arwana jantan setelah larva menjadi mandiri dengan ukuran tubuh 45 -50mm.

Proses panen putar telur
Dari keterangan di atas inkubasi secara normal telur ikan arwana merah membutuhkan kurang lebih 8 mingguan,untuk mempersingkat waktu masa inkubasi dapat dilakukan dengan mengeluarkan larva dari mulut sang jantan setelah berumur 25-30 hari dari hari pemijahan.Arwana jantan di tangkap dengan sangat hati hati dengan jaring halus kemudian membuka mulut arwana jantan untuk mengeluarkan larva tersebut.

Setelah di keluarkan dari mulut pejantan ,larva tersebut di inkubasi di dalam akuarium dan box khusus dengan temperatur air 27-29 *C menggunakan pemanas thermostat lihat keterangan gambar
Larv adi ambil 25 hari setelah pemijahan 
2 minggu setelah di inkubasi di akuarium

Selama periode inkubasi larva tidak perlu di beri pakan,larva mulai dapat berenang setelah ukuran kunig telur mengecil.Penggunaan tekhnik panen seperti ini banyak di pakai oleh para petani budidaya arwana merah dan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen.

0 Response to "Panen Ikan Arwana merah di Kolam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel