Waktu tepat panen telur ikan arwana merah di kolam

Arwana merah memasuki masa memijah di pengaruhi oleh umur biasanya ikan jenis ini mulai produktif bertelur pada umur 3,8 tahun keatas pada ukuran  bobot 2 kg  dengan fekunditas(kapasitas reproduksi potensial ) kira kira 20 – 30 butir, sedangkan induk dengan bobot 4 kg fekunditas bisa mencapai 40 – 70 butir.  

Ikan ini memijah 1 – 2 kali dalam setahun serta erat hubungannya dengan musim hujan. Diperairan umum karena banyaknya predator  tingkat kelangsungan hidupnya 30 – 40% sedangkan jika dikolam tingkat kelangsungan hidup  dapat mencapai 80 – 95 %.

Sebelum mamasuki fase memijah arwana terlebih dulu melewati masa pencarian pasangan dan kawin,di tandai dengan prilaku ikan arwana jantan yang kesana kemari mengejar ikan betina terkadang membuat  gerakan berputar kepala saling bertemu ekor pasangannya,hal ini dapat kita amati pada sore hari dan malam hari.selang beberapa minggu kemudian tampak pasangan ikan berjalan bergandengan dengan tubuh menempel dengan pasangannya.Proses ini menandakan ikan betina dalam waktu dekat akan mengeluarkan telur untuk di buahi ikan  arwana jantan pasangannya ,dan di inkubasi telur  di dalam mulut arwana jantan.

Pada saat proses inkubasi telur berlangsung di dalam mulut ikan arwana merah jantan suhu dan pH air sangat menentukan tingkat kesuksesan proses tersebut,perubahan suhu air dan pH air di kolam penangkaran secara mendadak dapat menggagalkan proses ini.Oleh sebab itu  haruslah selalu kita perhatikan kondisi cuaca ketika proses inkubasi sedang berjalan.

Berikut Saat saat yang tepat kita mengambil telur di mulut ikan arwana jantan yang sedang dalam proses inkubasi telur di mulutnya agar dapat menekan proses kegagalan masa inkubasi telur oleh ikan arwana merah jantan,dan di lanjutkan dengan cara inkubasi telur di dalam akuarium.Proses inkubasi telur atau  di dalam akuarium  terbukti sukses menetaskan telur ikan arwana yang kita ambil tadi.

Telur di ambil dari mulut ikan arwana merah jantan ketika sudah berlangsung  inkubasi telur selama 7 hari.Ditandai telur sudah terlihat garis merah,kondisi panen telur seperti  ini tidak di rekomondasikan karena perlu perawatan yang sangat ekstra  pada saat inkubasi telur di akuarium.Perawatan yang salah dapat menyebabkan fisik ikan sebagian tidak normal,pada dayung dan insang anak ikan.Diperlukan tenaga yang benar benar ahli dan mahir agar kondisi ikan kelak sempurna.

Telur di ambil di mulut ikan arwana merah jantan saat inkubasi telur di mulutnya  berumur 2 minggu. Ditandai sudah berbentuk larva belum sempurna,sama dengan panen 7 hari tidak di rekomondasikan.Perlu tenaga ahli dalam proses inkubasinya.

Telur di ambil setelah memasuki 21 hari (3 minggu) masa inkubasi dimulut ikan jantan .Larva sudah berbentuk sempurna tapi masih lemah.masa inkubasi dalam akurium lebih mudah dalam perawatannya sampai larva dapat berenang dan peluang cacat fisik terutama dayung ikan sangat kecil.Panen telur seperti ini di rekomondasikan untuk jenis panen telur ikan arwana.

Telur di ambil setelah berumur 35 hari keatas,hampir semua larva sudah dapat berenang dengan sempurna walaupun masih membawa kantong telur.panen telur paling di rekomodasikan .

Tiga point di atas  panen 1 minggu,2,minggu,dan 3 minggu biasa di lakukan oleh petani arwana merah karena keadaan cuaca yang kurang baik sehingga selalu terjadi perubahan suhu dan ph air kolam.Suhu dan ph air kolam yang sering berubah pada saat ikan arwana jantan sedang dalam inkubasi telur  dapat menggagalkan proses inkubasi di dalam mulutnya.


0 Response to "Waktu tepat panen telur ikan arwana merah di kolam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel